Selasa, 09 November 2010

cerita pendek

Disiplin Itu Perlu, Dora !
Oleh Ny. Widya Suwarna

Dora sibuk menghadapi cermin. Sudah 3 kali ia mengepang rambutnya yang panjangnya sebahu lewat sedikit, tetapi kemudian dibukanya lagi. Rasanya belum sempurna. Ia melihat jam di dinding. Sudah pukul 4 kurang lima menit. Seharusnya sepuluh menit lalu ia sudah berangkat. Latihan menari dimulai pukul 4. pastilah kawan-kawan sudah menunggunya. Enam anak yang dilatihnya rajn-rajin. Mereka biasa datang sebelum pukul 4.
Untuk pesta ulang tahun sekolah, kelasnya akan menyajikan acara tarian. Dora sudah mengikuti sanggar tari. Jadi, ia bisa melatih kawan-kawannya. Diantara enam penari , Ratih juga ikut sanggar tari. Tapi, ia tidak sepandai Dora.
Akhirnya, Dora selesai berhias. Ia berangkat dengan membawa selendang. Ia puas dengan kepang rambutnya yang rapi dan diberi pita. Juga dengan wajahnya yang manis , bulat telur, dan bibirnya yang tipis. Banyak orang bilang ia cantik dan ia menyadari hal itu.
Ternyata jalanan macet. Dora agak gelisah. Kalau menunggu terlalu lama pasti ada kawan yang mengomel. Tapi, biarlah. Bukankah kecil-kecil juga Dora seorang pelatih? Mau tak mau mereka harus menunggu. Dan agaknya Ibu Siska memberikan kepercayaan penuh kepadanya.
”Saya percaya kamu mampu melatih kawan-kawanmu. Dan pada pesta ulang tahun sekolah nanti kelas 5-C akan tampil istimewa!” kata Bu Siska.
”Saya akan berusaha sebaik mungkin, Bu!” jawab Dora sambil tersenyum waktu itu. Dan hatinya berbunga-bunga.
Hari ini adalah keempat kalinya mereka berlatih. Menurut Dora hasilnya lumayan. Ratih, Lia, Yuni dan Anna sudah hampir hafal semua gerakan. Cuma Gita dan Wati yang perlu lebih banyak perhatian.
Tiba di gedung sekolah Dora sudah terlambat setengah jam. Ia meuju kelasnya. Makin dekat ke kelas terdengar suara gamelan yang berasal dari kaset. Dora meraba tas kecilnya. Masih ada kaset tariannya. Radio perekamnya memang pinjam dari sekolah. Tetapi siapa yang membawa kaset tarian ?
Tepat Dora masuk musik berakhir. Kelima anak berhenti menari. ”Selamat sore, Dora!” sapa mereka. Dora membalas ucapan salam mereka dan juga berkata, ”Selamat sore, Bu Siska.”
Ternyata Bu Siska hadir.
”Maaf kami kira kamu tidak datang. Jadi, kami berlatih sebisanya. Bu Siska yang menyarankan agar latihan dimulai pukul 4 tadi,” kata Ratih mewakili teman-temannya.
Kemudian mereka latihan lagi perasaan Dora tidak enak. Bukankah mereka seharusnya menunggu Dora ? Untuk apa ia menjadi pelatih kalau ia ditinggalkan begitu saja ? Biar saja Ratih yang menjadi pelatih. Mungkin juga kawan-kawannya tidak menyukai Dora. Siapa tahu ?
”Nanti sore aku akan bicara dengan Bu Siska!” Dora memutuskan.
Rasanya waktu berjalan begitu lama. Dora melatih tanpa semangat. Beberapa gerakan yang keliru yang dilakukan oleh Gita dan Wati didiamkannya saja.
Akhirnya waktu latihan selesai. Dora yang mengamati dan ternyata kaset tarian itu adalah milik Ratih. ”rupanya ia memang berniat menjadi pelatih. Dipirnya kemampuannya sudah hebat!” pikir Dora dengan geram. Sekonyong-konyong timbul perasaan tidak suka pada Ratih. Ada rasa ia disaingi.
Anak-anak itu pamitan pulang.
”Ya, sampai hari Sabtu. Jangan lupa, pukul empat tepat!” pesan Bu Siska.
Kini tinggal Dora berdua dengan Bu Siska.
”Maaf, Bu Siska. Saya mengundurkan diri sebagai pelath biarlah Ratih saja yang melatih para penari!” kata Dora dengan wajah murung.
Bu Siska mengusap-usap pungggung Dora
”Tidak, Dora. Kamu tetap melatih mereka. Kamu masih yang terbaik. Cuma, datanglah tepat waktu. Apa kesulitan sehingga selalu terlambat ? berikan contoh baik. Kamu punya kemampuanjadilah pemimpin yang yang biak!“ kata Bu Siska.
Dora menangis terisak-isak.
“Ibu untuk apa melatih mereka? Mereka tak percaya padaku. Buktinya mereka menangkat Ratih sebagai pelatih!” keluh Dora. ”Dan Ratih juga bawa kaset tarian.”
Ibu Siska tersenyum.
”Kamu salah paham, Dora. Ibu yang meminta mereka untuk berlatih. Kamu pasti setuju. Kita tak boleh menyia-nyiakan waktu yang berharga, bukan? Waktu yang hilang tak bisa kembali.” Ibu Siska menjelaskan.
”kamu cantik, kamu pandai tetapi kamu perlu juga berdisiplin. Perlu siap lebih cepat, perlu menunjukkan contoh baik pada anak buahmu. Ibu yakin, kamu bisa. Ratih membawa kaset tarian tanpa diminta. Itu justru bagus. Kalau kamu lupa bawa, kan ada cadangan,” kata Bu Siska.
Dora diam. Ia mengambil tisu dan menghapus airmatanya.
”Ayo, kita pulang sama-sama. Biar Ibu antar ke rumahmu. Hari Sabtu Ibu juga akan datang. Ibu yakin kamu bisa datang lebih awal,” kata Bu Siska.
Tak lama kemudian Dora sudah dibonceng Bu Siska. Mereka naik motor. Dora belajar satu hal. Kecantikan itu menguntungkan, kepandaian berguna, tapi disiplin juga satu hal yang amat perlu dalam hidup kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar